Saturday, April 02, 2016

Cerdas Berbelanja : DISKON ?? I LIKE IT SO MUCH!!


There are many discount in mid season. BIG SALE!! High season, juga diskon. Boomba, mata jadi kalap apabila melihat diskon either it is 50% off or less. Apalagi jika produk yang didiskon adalah KOSMETIK (selalu menjadi kesukaan). Yang namanya DISKON adalah KATA TERINDAH di telinga saya dan mayoritas perempuan lainnya.
Dalam hal berbelanja, sesuatu yang worth it adalah sesuatu yang bernilai ekuivalen antara kegunaan dan harga. Let’s see, beli ponsel cerdas sekelas Iphone yang mahal tetapi usefull. Contoh lainnya, membeli sepatu atau tas Guess atau Elle seharga  jutaan rupiah dengan kondisi yang dipastikan akan awet selama 2 sampai 3 tahun berikutnya terasa sangat worth it. Lainnya, membeli foundation Mac atau MUFE dan hasilnya bertahan 12 jam, pasti memuaskan. Nah, jika produk classy or high-end tersebut bisa didapat dengan harga minimum, bagi saya that is miracle. Inilah tujuan postingan ini. Sejak 2012, saya menjadi pecinta barang bermerk dan penggila diskon. Katakanlah seperti itu. Awal terbentuk pola hidup seperti itu sungguh menyengsarakan karena sangat menguras isi dompet. Bahkan saking gilanya, saya yang notabene tidak mengijinkan diri untuk memiliki kartu kredit pun harus menggunakan kartu kredit teman saya untuk berbelanja. Kedua mata sungguh panas melihat name tag barang bermerk di mall.

 Well, saya mulai mencintai diskon saat mengetahui manfaat diskon yang begitu besar dalam hidup. Jika, konten postingan saya lainnya adalah mengenai CERDAS BERBELANJA ONLINE SHOPPING, maka tulisan saya kali ini pure dari hasil pengalaman dan pengetahuan saya tentang berbelanja barang diskon. Honestly, saya membuat postingan mengenai CERDAS BERBELANJA karena berbelanja itu  sudah identik dengan kehidupan manusia. Belanja tidak lagi dijadikan kegiatan pemenuhan kebutuhan primer dan sekunder melainkan sebagai aktivitas kesukaan (hobby). Akibatnya sebagian masyarakat menjadi kecanduan belanja (baca : sophaholic) dan berujung  negatif. Jadi saya berharap tulisan mengenai cerdas berbelanja ini menjadi salah satu tulisan yang menggugah hati sebagian sophaholic (termasuk saya) untuk lebih cerdas dalam berbelanja which is we can see what the important goods to buy with. At least, kita bisa mengelola finansial secara sehat untuk sesuatu yang lebih berguna.

Alasan saya mengatakan bahwa that is miracle jika barang bermerk bisa didapatkan dengan harga diskon adalah kepuasan akan memiliki barang berkualitas tinggi dengan merk terbaik dapat tercapai tanpa mengeluarkan cukup banyak uang. Bahkan dengan harga original suatu barang bermerk, saat ada diskon, kita bisa membeli 2 sampai 3 produk. Gosh, miracle is happened for me. Bagi sebagian orang berkantong tebal dengan karir dan pekerjaan yang cemerlang, pride seringkali menjadi penghalang untuk memburu barang diskonan. Tapi saya tidak akan mendiskreditkan tipe masyarakat mapani sepert itu, karena mereka telah terbentuk dengan karakter seperti itu. Mungkin akan terjadi demikian pada saya jika saya ada dalam kondisi finansial yang berkelebihan, pride dan ego diri mungkin akan menghalangi saya pula. Back t the topic, sebelum terlewatkan, barang bermerk yang saya maksudkan bukan hanya produk import tetapi juga produk lokal. Merk lokal berkulitas tinggi dan bisa dikatakan expensive  misalnya di katagori pakaian adalah “Peter Says Denim”, atau “Damn! I Love Indonesia” punyanya Daniel Mananta, di katagori sepatu ada “Clarks” untuk Pria, “Be-BOB (produk terbaru) atau Yongky Komaladi atau FLD untuk Perempuan, atau yang paling familiar di masyarakat adalah merk Bucherri yang dikira banyak orang adalah merk Italia.  

Cerdas Berbelanja Jelovela.blogspot.com

Wel, saya punya alasan kuat membeli produk bermerk tinggi, yaitu ketahanan produk. Saya tidak memungkiri bahwa terkadang alasan lainnya adalah saya merasa malu jika tidak memiliki produk bermerk terkenal. Itulah gengsi. Manusiawi. Tetapi alasan utamanya adalah produk bermerk terkenal adalah produk yang berkualitas tinggi dan sudah melewati rangkaian proses produksi yang alot. Believe or not, tetapi itu yang saya rasakan. Saya bisa menggunakan produk high-end tersebut dalam jangka waktu lama dibandingkan menggunakan produk berkualitas rendah. Itulah sebabnya diskon itu sangat bermanfaat dalam hidup saya. Dengan adanya diskon, saya tidak perlu mengeluarkan budget besar untuk membeli sebuah barang bagus.  Cerdas khan ? Itulah hasil pengalaman. 
Yang perlu saya lakukan adalah menunggu datangnya waktu diskon atau mencari tahu adanya diskon. Waiit wait, kenapa menunggu ? Ceritanya, selama 3 tahun ini, saya sedikit tahu kapan waktunya diskon tahunan (diskon reguler), yaitu di awal Juni sampai akhir bulan Juli atau selama masa bulan puasa atau saat hari Lebaran atau sehari setelah Lebaran dan selama bulan Desember atau menjelang akhir tahun atau saat hari Tahun Baru. Selain diskon reguler, ada juga diskon periodik yaitu diskon yang dilakukan pada periode tertentu tergantung ketentuan penjual. Untuk diskon periodik inilah yang harus dicari tahu oleh penggila diskon atau sophaholic. Banyak situs web yang dibuat khusus untuk menyediakan informasi mengenai adanya diskon. Misalnya yang paling terkenal adalah situs Komunitas Pecinta Diskon : Giladiskon Indonesia untuk melihat diskon pasar atau mall offline, atau Lakupon dan Evoucher untuk segmen market online.

Guys, beberapa manfaat dari diskon yang saya alami yaitu :

1.       Puas
Ini selalu menjadi manfaat utama dari diskon adalah saya merasa sangat puas karena mempunyai barang yang berkualitas dan merk terkenal dengan harga minimum. Walaupun kadang harus menunggu berbulan-bulan. Bagi beberapa orang produk selalu berubah time by time, but it doesn’t matter. I just wanted for the best quality.
2.       Hemat
Walaupun ujung-ujungnya tetap keluar duit, tapi saya bisa saving 25% dari budget aslinya apabila ada diskon 75% (analogi).
3.       Menjajal Produk Lain
Manfaat lainnya jika diskon regular yang dikenakan hampir pada semua produk, maka saya bisa mencoba merk lain yang mungkin saja cocok.

Saya harap tulisan ini menginspirasi para sophaholic. Jangan malu berburu produk diskon apabila branded dan ORI, dijamin puas. Peace!!


Baca juga :
CERDAS BERBELANJA : Online Shopping

No comments:

Post a Comment